Peluang Usaha Sampingan bagi Karyawan

Peluang Usaha Sampingan bagi Karyawan

Peluang Usaha Sampingan bagi Karyawan – Mungkinkan Orang Kantoran Sibuk Punya Usaha Sampingan Berpenghasilan Besar?

Sekarang orang lebih memandang opsi usaha di kantoran bukan berarti hilangkan kesempatan wirausaha. Bekerja di kantor sambil mengurus usaha sampingan makin umum sekarang ini. Selama pekerjaan utama tidak terganggu, tidak ada salahnya cari income tambahan dengan berusaha

.

Usaha Sampingan bagi Karyawan

Usaha Sampingan Bisa Berpenghasilan Besar Tapi dengan Syarat Khusus

Walaupun makin banyak dilakukan, bentuk usaha sampingan yang populer sangat terbatas. Contoh saja seperti jualan pulsa ataupun jual beli barang second milik sendiri di marketplace. Bentuk usaha ini tentu tidak besar penghasilannya. Pandangan ini tentu masuk akal. Jika sudah sibuk kerja di kantoran, kapan punya waktu mengurus bisnis sampingan yang besar? Usaha sampingan karyawan rata – rata harus kecil dan tidak menyita waktu. Walaupun begitu, persepsi ini perlahan berubah karena adanya pengetahuan baru seputar bisnis sampingan.

Usaha sampingan penghasilan besar sekarang memungkinkan. Banyak karyawan yang mendapatkan pemasukan lebih besar dari bisnis sampingannya dibandingkan pekerjaan utama. Contoh saja orang seperti influencer dan konten creator yang terkenal di internet adalah gambaran yang pas. Walaupun sudah ada pilihannya, ada syarat khusus mengapa usaha sampingan ini bisa hasilkan banyak uang. Syarat pertama adalah besaran modalnya. Untuk usaha sampingan seperti sewa mobil via aplikasi ataupun persewaan kamar untuk penginapan wisata pasti butuh modal besar.

Syarat kedua adalah pengetahuan yang dimiliki harus tinggi. Banyak karyawan sekarang ada yang bermain saham sebagai day trader. Usaha sebagai day trader butuh pengetahuan tentang saham, dunia ekonomi dan pergerakan pasar modal. Anda yang tidak cukup pengetahuan soal ini beresiko bangkrut. Jadi walaupun bisa hasilkan income besar, Anda harus perhatikan juga syarat dan resiko ini.

Hal yang ketiga adalah koneksi online. Sebagian usaha sampingan yang hasilkan income besar menggunakan internet sebagai platform utama. Untuk melek di usaha internet, pastikan baca – baca soal SEO, marketing dan juga strategy bisnis online terlebih dahulu.

Rekomendasi Bentuk Usaha Sampingan dengan Penghasilan Besar

Banyak pilih usaha sampingan online dan offline yang bisa dipilih dan hasilkan untung besar. Untuk rekomendasi yang paling mudah dilakukan, berikut adalah beberapa pilihannya:

Penyewaan Ruangan

Usaha yang satu ini sangat populer sebelum covid 19. Banyak orang yang punya rumah dekat tempat wisata memilih bisnis sampingan ini. Alasan utamanya adalah kemudahan pengurusan. Anda bisa daftarkan ruangan tersebut untuk sewa di aplikasi penginapan dan wisata. Pasti banyak orang yang akan datang ingin menginap. Usaha sampingan ini hanya perlu staff untuk menjaga rumah selama orang tersebut menyewa kamar. Selebihnya, Anda cukup mudah mengurus proses dari aplikasi ataupun website.

Buat Digital Graphic

Kebutuhan buat logo, symbol avatar, menu website dan editing gambar makin banyak sekarang ini. Anda bisa mengambil kesempatan ini menjadi digital artist dan mengambil job untuk itu. Artwork digital sekarang banyak dicari dan jika bagus, bayaran yang didapat bisa tinggi.

Penulis Lepas

Usaha sampingan modal kecil ini juga cukup menarik. Anda yang memiliki pengetahuan lebih soal berbagai hal bisa coba jadi penulis artikel. Di internet, banyak pemilik website yang cari penulis untuk isi konten web miliknya. Anda yang mampu hasilkan tulisan berkualitas tinggi akan dapat bayaran mahal. Ukuran sukses ini bisa dilihat dari posisi ranking artikel Anda di Google search.

Toko Online

Bentuk usaha yang satu ini sudah banyak dikenal. Jual beli di marketplace sebagai usaha sampingan tentu mudah. Anda hanya perlu siapkan tempat gudang barang, mengurus logistic pengiriman dan semua sudah beres. Proses penjualan dilakukan otomatis dari sistem marketplace. Anda hanya perlu check saja saat ada pembeli yang kontak untuk bertanya.

Dropshiper

Dropshiper sama seperti jual barang, tapi Anda tidak perlu modal untuk membeli barang dagangan. Anda hanya sebagai jembatan antara pembeli dan produsen. Anda pasarkan barang dari produsen lewat social media, artikel dan video. Jika ada yang tertarik dan hubungi Anda untuk beli, tugas Anda adalah mengarahkan pelanggan tersebut langsung ke produsen.

Untuk jembatan ini, Anda tidak perlu toko ataupun gudang barang. Cukup komputer, koneksi internet dan smartphone. Kontak antara pelanggan dan Anda serta ke produsen, semua bisa dilakukan hanya dari WhatsApp message. Usaha sampingan lewat smartphone ini menjadi besar keuntungannya saat Anda mampu dapatkan banyak pelanggan dan komisi besar dari produsen langsung.

Beberapa Hal Penting Untuk Pastikan Sukses Usaha Sampingan

Cara sukses usaha sampingan bisa dibilang cukup complex. Walaupun memiliki bisnis sampingan yang mudah dilakukan, belum tentu penghasilannya konsisten besar. Untuk memastikan pendapatan besar dan bisa menyaingi gaji utama Anda, perhatikan hal penting berikut ini:

Harus Berani Siapkan Modal Besar Untuk Untung Besar

Bisnis sampingan yang mampu hasilkan untung besar rata – rata membutuhkan modal besar juga. Contoh saja usaha seperti menyewakan kamar untuk menginap. Air BNB bisa hasilkan untung besar tapi mengharuskan Anda punya rumah. Modal punya rumah tentu tidak murah, tapi di sisi lain, hasil dari sewa kamar ini lebih besar daripada sekedar menjadi freelance writer.

Tentu saja freelance writer bisa hasilkan uang besar. Tapi syaratnya, Anda harus konsisten buat konten yang bagus dan menarik. Modal untuk hal ini adalah pengetahuan dan kreativitas Anda. Jika tidak punya modal kecerdasan ini, Anda akan kesulitan menjadi penulis dengan penghasilan mumpuni.

Beberapa Jenis Usaha Sampingan Butuh Kreativitas Tinggi

Jika memilih bisnis sampingan seperti pembuat konten, penulis artikel, digital artist dan influencer, Anda butuh kreativitas tersendiri. Cara pilih usaha sampingan yang paling baik adalah dengan mengikuti kemampuan diri. Jika Anda kurang kreatif, bentuk usaha tersebut akan sulit dikembangkan.

Memang untuk buat video atau artikel, prosesnya bisa pendek. Anda cukup luangkan waktu beberapa jam di waktu weekend atau saat pulang kantor. Namun, tanpa ide yang selalu baru, kreasi konten tulisan dan video bisa kurang menarik. Saat produk yang Anda tawarkan tidak menarik, user tidak akan data untuk melihatnya. Jika tidak ada yang tertarik, pemasukan pasti juga lesu. Tapi di sisi lain, creator yang bisa creative bahkan bisa berkembang mendapatkan bayaran besar untuk semua konten buatannya.

Pilihan Usaha Online Harus Disertai Skill Marketing

Kebanyakan usaha online sangat mudah hasilkan untuk sebagai sampingan. Untuk memaksimalkan reach usaha online ini, Anda harus punya skill dalam marketing. Jika Anda misalnya adalah ahli marketing di kantor dan memiliki usaha sampingan sendiri, mungkin hal ini mudah. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kemampuan marketing seperti ini.

Bayangkan seorang teknisi pabrik kimia yang biasa berkutat dengan mesin punya usaha toko online. Mereka tentu harus berusaha belajar soal promosi di social media, iklan, konten SEO, membuat website jual beli dan lain – lain. Tanpa strategi marketing baik, usaha Anda akan sulit mendapatkan banyak pelanggan di internet.

Akan Memiliki Tantangan Tinggi di Tahun Awal

Hal lain yang penting diingat adalah tantangannya. Dalam waktu awal melakukan bisnis sampingan, Anda harus mampu beradaptasi soal waktu kerja dan juga pengurusannya. Dibandingkan dengan usaha kecil untuk sampingan, bisnis yang memiliki untung besar akan lebih sulit dilakukan.

Contoh saja Anda memilih jalur dropship. Memang proses jual beli model bisnis ini bisa dilakukan lewat smartphone. Tapi bagaimana jika pelanggan ingin konsultasi dan tidak hanya beli langsung? Apakah Anda siap memberikan layanan? Apakah kemampuan memberi layanan ini bertabrakan dengan waktu kerja Anda di kantor? Hal seperti ini harus diperhatikan agar baik jalur karir dan bisnis sampingan bisa berjalan lancar tanpa mengganggu satu sama lain.

Jangan Remehkan Peluang Pemasukan Besar yang Datang dari Usaha Sampingan!

Walaupun dinamakan usaha sampingan, Anda bisa hasilkan lebih banyak income dari sini. Karena itu, banyak orang makin cari pekerjaan sampingan ini walaupun sudah punya karir kantoran. Sayangnya, menjalankan hal bisa berat bagi orang – orang.

Belajar soal cara marketing online dan mengelola usaha tentu perlu skill tersendiri. Untuk kebutuhan belajar hal – hal ini, Anda bisa coba datang ke seminar, workshop ataupun ikuti kursus online yang tersedia. Contoh saja webinar di www.PresentasiBisnis.com, Anda akan dapatkan pengarahan seputar trick marketing, mengembangkan network usaha dan juga memastikan bagi waktu karir utama dengan kerja sampingan.

Webinar seperti ini biasanya mendatangkan pelaku bisnis dengan pengalaman banyak. Tidak jarang, pembicara adalah akademisi yang melakukan presentasi seputar teknik baru dalam usaha. Menggunakan semua informasi ini, Anda pasti bisa kembangkan bisnis sampingan menjadi lebih baik.

Semoga dengan membaca artikel ini, Anda mendapatkan pengetahuan seputar usaha sampingan yang menguntungkan. Terima kasih sudah membaca dan semoga sukses dalam usaha Anda!

 

Webinar Pelatihan Bisnis Online Rekomendasi

Berbagai Pelatihan & Kelas Bisnis Yang Bisa Diikuti Seluruh Masyarakat

Mungkin beberapa orang masih berpikir bahwasanya ilmu bisnis hanya bisa didapatkan ketika kita memilih jurusan terkait di perkuliahan. Nyatanya tidak, semua orang bisa belajar bisnis dan mengoptimalkan kemampuannya.

Masa kini, sudah banyak webinar dan kelas-kelas intensif yang menawarkan pelatihan bagi anda untuk mengasah skill berbisnis. Baik bagi anda yang pemula, maupun yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis dan ekonomi dan ingin menambah kompetensi serta kualifikasinya lagi. Anda tak perlu ragu akan efektivitasnya dan efisiensi pelatihan/workshop yang ditawarkan, sebab kebanyakan diberlakukan secara virtual/daring dan bisa diikuti dari mana pun anda berada.

Tentunya mengikuti berbagai jenis pelatihan dan kelas akan sangat meningkatkan produktivitas anda. Mengingat masa kini, pandemi belum kunjung berlalu dan mobilitas kegiatan di luar rumah masih sangat dibatasi. Jadi daripada waktu lenggang anda tidak terisi oleh kegiatan-kegiatan yang bermanfaat, ada baiknya anda mengikuti webinar pelatihan-pelatihan yang meningkatkan skill anda.

Rekomendasi Kelas Bisnis Virtual Yang Bisa Anda Ikuti

Pada bagian ini, penulis akan membagikan beberapa situs kursus bisnis online yang bisa membantu anda dalam meningkatkan kompetensi berbisnis anda. Mari kita simak bersama!

Kelas DPO (Digital Personal Orientation)
Seperti yang kita ketahui, internet sudah berperan penting dalam pemasaran perusahaan, demi menjangkau masyarakat yang lebih luas. Ini sebabnya, digital marketing sudah menjadi tren yang banyak dipelajari oleh para perintis bisnis dan ekonomi. Dengan mengikuti ini, anda dapat mempelajari digital marketing dalam waktu yang relative singkat, yaitu hanya dalam 2 jam. Anda tidak hanya diajak untu mempelajari hal-hal teknis saja, melainkan juga pola pikir dan cara melihat potensi pemasaran yang baik.

Kelas Digital List Building, Facebook + Instagram list building dan Digital Prospek

Apakah anda tertarik untuk melebarkan sayap bisnis anda di platform Facebook & Instagram? Jika anda tertarik, kelas pelatihan ini bisa dibilang sangat cocok untuk anda ikuti! Tenang saja, kelas ini tidak akan membahas langsung materi yang super kompleks. Anda akan dipandu dari dasar-dasari bisnis dan istilah-istilah yang lazim di dengar di dunia bisnis dan ekonomi.

Digital Networker Team Building

Rekomendasi kelas terakhir yang penulis berikan adalah Digital Networker Team Building, dimana anda akan diberikan 11 modul yang berisi teks dan video panduan. Di kelas ini, anda akan mempelajari hal-hal penting bisnis dan ekonomi online yang pastinya selalu update dengan tren terkini (seperti SEO, Strategi atasi keberatan / penolakan, Strategi follow up, conten-creating, branding kohesif, digital marketing, social media officer, dsb).

Open chat
KlikSegera.com
Hallo.. Ada yang bisa Kami bantu??